Inilah kami pramuka penegak dari SMK Negeri 1 Singosari "STEMA ROVER"

Pramuka akan Selalu di Hati Saya HUT ke-53

SBY: Pramuka akan Selalu di Hati Saya PDF Print E-mail
ImageJakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Pembina Upacara Peringatan HUT ke-53 Gerakan Pramuka di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8) sore. Hari Pramuka tahun 2014 mengambil tema 'Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi'.
Mengenakan seragam Pramuka, lengkap dengan peci, SBY mengatakan bahwa kenangan bersama Pramuka akan selalu tersimpan di dalam hati. "Gerakan Pramuka akan ada di hati kami hingga akhir hayat," kata Presiden SBY, sekaligus pamit karena pengabdiannya sebagai presiden akan berakhir pada 20 Oktober nanti.
Dalam amanahnya, Kepala Negara menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka dapat membantu kaum muda memiliki karakter yang unggul, ulet, dan pantang menyerah. Gerakan seperti ini juga menolong generasi muda untuk bisa merespon perkembangan teknologi informatika yang pesat dengan tetap memegang nilai-nilai Pancasila.
 "Ancaman saat ini tidak hanya soal peperangan tapi infiltrasi budaya, ekonomi dan ada pula radikalisme yang bisa merobek bangsa dan negara,” SBY mengingatkan.


Sebelumnya, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan bahwa saat ini Gerakan Pramuka sudah menjadi ekstrakurikuler (ekskul) wajib di setiap sekolah. Adhyaksa juga berharap agar para pembina pramuka bisa memiliki sertifikat dan lisensi yang dapat dipertanggungjawabkan.
"Ekskul wajib pramuka mendukung dengan pendidikan karakter yang dibutuhkan bangsa Indonesia. Karena tidaklah cukup anak-anak bila hanya mendapatkan pendidikan formal di sekolah, tanpa pendidikan informal dalam keluarga dan pendidikan nonformal yang diisi oleh pendidikan kepramukaan," katanya.
Pramuka, lanjut Adhyaksa, tidak sekadar baju pramuka yang dipakai pada hari-hari tertentu, tetapi pramuka sebagai wadah pendidikan karakter. Pada kesempatan itu, Adhyaksa juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas dorongannya untuk program revitalisasi Gerakan Pramuka.
Hadir dalam acara ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Seskab Dipo Alam, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang juga Ketua Mapida Gerakan Pramuka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 commento:

Posting Komentar