Inilah kami pramuka penegak dari SMK Negeri 1 Singosari "STEMA ROVER"

BKKBN Gandeng Gerakan Pramuka

BKKBN Gandeng Gerakan Pramuka, PDF Print E-mail

ImageJAKARTA-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng banyak pihak dalam mensosialisasikan program Genre (Generasi Berencana). Kali ini, gerakan pramuka dipakai mcmbidik kalangan pelajar dan remaja dalam mempersiapkan generasi berencana.
Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembinaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso saat pembukaan Pentaloka Saka Kencana dalam Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Selasa (23/9) malam. Menurut dia, Pentaloka ini dapat mendorong lahimya agen-agen atau duta-duta generasi berencana untuk setiap satuan karya Keluarga Berencana (KB).
Agen Genre di setiap saka kencana menjadi sangat penting karena permasalahan tingginya jumlah remaja belakangan ini. Menurut proyeksi penduduk Indonesia pada 2014 mencapai 65 juta jiwa atau 25 persen dari total penduduk.
Segala daya dan upaya hendaknya dicurahkan agar mereka pada saatnya nanti dapat menjadi salah satu sumber daya yang produktif, inovatif dan berkualitas supaya dapat memberi kontribusi dan manfaat bagi pembangunan di Indonesia," tegasnya. Jumlah remaja ini akan semakin meningkat pada 2016 menjadi 70 juta jiwa. Daerah lain, juga akan menghadapi jumlah penduduk usia produktif yang akan meningkat.

Maka itu, tahun ini merupakan momentum yahg sangat baik dan tepat untuk memanfaatkan jendela peluang bonus demografi. Kondisi itu hanya akan dapat dimanfaatkan secara optimal jika penduduk usia produktif atau menjelang produktif dapat dipersiapkan menjadi generasi berkualitas, kreatif, visioner, dan mempunyai daya saing tinggi.
Sebelumnya, BKKBN gencar melakukan sejumlah gerakan antisipasi sejumlah permasalahan masyarakat kepada para siswa dan mahasiswa di seluruh sekolah di Indonesia. Gerakan itu kita lakukan di seluruh sekolah di Indonesia dengan nama Genre Goes to School dengan pemberian pemahaman seputar seksualitas, HIV AIDS, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, dan usia kawin," tuturnya.
Menurutnya, Program Genre Goes to School ini dipandang cocok dengan kondisi saat ini, yaitu permasalahan seputar seksualitas. HIV AIDS, rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. dan median usia kawin pertama perempuan yang relative masih rendah.
Di sini, lanjutnya, peran BKKBN melakukan kampanye pencegahan penularan penyakit dan sejumlah persoalan tentang reporduksi kepada para siswa sebagai generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa (bkkbn.go.id)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 commento:

Posting Komentar